Sabtu, 24 September 2011

ARTIKEL MANFAAT IPTEK DALAM KEHIDUPAN

ARTIKEL MANFAAT IPTEK DALAM KEHIDUPAN
Tanpa disadari untuk beraktifitas manusia melakukan pekerjaan sehari-hari mulai pagi dari rumah kesekolah dan kembali kerumah, kamu menggunakan IPTEK. Seseorang menyatakan bahwa manusia sudah menggunakan teknologi sejak zaman dahulu kala, seperti memecahkan kemiri dengan batu atau memetik buah dengan galah sebagai teknologi sederhana. Jangankan saja zaman dahulu, zaman modern seperti ini saja IPTEK sudah sangat berkembang pesat dikalangan masyarakat.  Nah, tapi kalian tahu tidak, apa saja manfaat IPTEK dalam kehidupan sehari?


1.   Definisi IPTEK
IPTEK sebagai singkatan dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. IPTEK adalah suatu yang sangat berkaitan dengan teknologi dan kebutuhan pokok pembangunan, akan tetapi kita harus dapat memilih dan memanfaatkan ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk mencapai tujuan pembangunan tanpa menimbulkan efek samping.

Nilai-nilai agama akan memberikan petunjuk dan arah dalam mengembangkan dn memanfaatkan IPTEK, sedangkan IPTEK akan memberikan dukungan kepada manusia dalam usaha meningkatkan kesejahteraan hidupnya.seseorang yang megembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi tanpa dilandasi oleh nilai-nilai agama, dimungkinkan usahanya itu hanya untuk memenuhi hawa nafsunya saja, bahkan untuk menghancurkan manusia lain. Ilmu pengetahuan tanpa agama akan menjadi buta. Perlu diingat bahwa dalam pengembangan, pemanfaatan, dan penguasaan IPTEK hendaknya memperhatika nilai agama, sehingga keberhasilan dalam pemanfaatan, pemgembangan dan penguasaan IPTEK akan membawa peningkatan kesejahteraan umat manusia, bukan merugikan atau menyengsarakan. Agama apapun menganjurkan agar umatnya dapat hidup maju, tidak bodoh dan terbelakang, segala anugerah yang dikaruniakan oleh Tuhan kepada kita harus dapat kita olah dan manfaatkan.

2.         MANFAAT DAN DAMPAK IPTEK DALAM KEHIDUPAN
perkembangan dunia iptek yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. Sistem kerja robotis telah mengalih fungsikan tenaga otot manusia dengan pembesaran dan percepatan yang menakjubkan.
Begitupun dengan telah ditemukannya formulasi-formulasi baru aneka kapasitas komputer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktivitas manusia. Ringkas kata, kemajuan iptek yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. 

A. DAMPAK PERKEMBANGAN IPTEK
1. Perkembangan Iptek disamping bermanfaat untuk kemajuan hidup Indonesia juga memberikan dampak negatif. Hal yang perlu diperhatikan dalam penerapan IPTEK untuk menekan dampaknya seminimal mungkin, antara lain :
·        Menjaga keserasian dan keseimbangan dengan lingkungan setempat.
·        Teknologi yang akan diterapkan hendaknya betul-betul dapat mencegah timbulnya permasalahan di tempat itu.
·        Memanfaatkan seoptimal mungkin segala sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada.

B. DAMPAK DALAMNYA:
a. Penyediaan Pangan
Perkembangan IPTEK dalam bidang pangan dimungkinkan karena adanya pendidikan, penelitian dan pengembangan di bidang pertanian terutama dalam peningkatan produktivitas melalui penerapan varitas unggul, pemupukan, pemberantasan hama dan penyakit, pola tanaman dan pengairan. Namun di sisi lain perkembangan tersebut berdampak fatal, misalkan saja penggunaan pestisida dalam pemberantasan hama ternyata dapat menyebabkan penyakit dalam tubuh manusia.
b. Penyediaan Sandang
Pada awalnya bahan sandang dihasilkan dari serat alam seperti kapas, sutra, woll dan lain-lain
Perkembangan teknologi matrial polimer menghasilkan berbagai serat sintetis sebagai   bahan sandang seperti rayon, polyester, nilon, dakron, tetoron dan sebagainya
Kulit sintetik juga dapat dibuat dari polimer termoplastik sebagai bahan sepatu, tas dan lain-lain
Teknologi pewarnaan juga berkembang seperti penggunaan zat azo dan sebagainya.

c. Penyediaan Papan
Teknologi papan bersangkut paut dengan penyediaan lahan dan bidang perencanaan seperti city planning, kota satelit, kawasan pemukiman dan sebagainya yang berkaitan dengan perkembangan penduduk
Awalnya bahan pokok untuk papan adalah kayu selanjutnya dikembangkan teknologi matrial untuk mengatasi kekurangan kayu
Untuk mengatasi kekurangan akan lahan dikembangkan teknologi gedung bertingkat, pembentukan pulau-pulau baru, bahkan tidak menutup kemungkinan pemukiman ruang angkasa.

d. Peningkatan Kesehatan
Perkembangan Imu Kedeokteran seperti : ilmu badah dan lain-lain
Penemuan alat-alat kedokteran seperti : stetoskup, USG, dan lain-lain
Penemuan obat-obatan seperti anti biotik, vaksin dan lain-lain
Penemuan radio aktif untuk mendeteksi penyakit secara tepat seperti tumor dan lain-lain
Penelitian tentang kuman-kuman penyakit dan lain-lain.

e. Penyediaan Energi
Kebutuhan akan energy
Sumber-sumber energi
Sumber energi konvensional tak dapat diperbaharui
Sumber energi pengganti yang tak habis pakai
Konversi energi dari satu bentuk kebentuk yang lain.

Perkembangan dunia IPTEK yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia.  Namun perkembanagan teknologi saat ini tidak hanya memiliki nilai positif, tetapi juga memiliki nilai negative. Mungkin dari segi positif perkembangan teknologi saat ini dapat memudahkan pekerjaan manusia dalam menyelesaikan pekerjaan nya tetapi dari segi negative nya manusia akan menjadi seseorang yang lebih pemalas, misalkan dalam segi kendaraan, mungkin kendaraan sangat berguna dalam kehidupan manusia dan fungsi kendaraan adalah untuk mengantar kita ke tempat tujuan kita dengan cepat dan lebih menghemat waktu tetapi kendaaraan yang menggunakan tenaga fosil akan mengeluarkan gas sisa hasil proses pembakaran dan dibuang ke udara bebas. Jika banyak manusia yang menggunakan kendaraan maka udara di dunia akan menjadi tidak sehat. Begitu juga pembangkit listrik, walaupun listrik sangat berguna untuk kehidupan kita sehari-hari karena peralatan kerja kita rata-rata menggunakan listrik tetapi tempat pembangkit listrik ada yang menggunakan batu bara dan fosil. Hal ini sama dengan kendaraan. Hal ini dapat merusak lingkungan.
Manusia akan selalu mengembangkan teknologi yang sudah ada agar selalu dapat lebih berguna dan semakin efisien. Karena manusia memiliki sifat yang tak pernah puas dengan apa yang telah dia miliki.
Sesuatu hal jika memiliki nilai positif maka pasti dia akan memiliki nilai negative pula tetapi nilai negative tersebut harus kita tekan seminimal mungkin agar sesuatu tersebut menjadi lebih bermanfaat.
Perkembangan teknologi yang sudah maju saat ini diharapkan dapat menjadikan manusia yang lebih berkualitas dan bermanfaat dan dapat melestarikan bumi ini agar kita selalu nyaman tinggal di bumi ini.
Jangan lah kita menyalah gunakan perkembangan teknologi karena ilmu-ilmu pengetahuan teknologi merupakan salah satu karunia Allah SWT yang telah diberikan manusia agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan dapat berguna untuk kita semua.
Semakin maju pengetahuan teknologi maka itu merupakan salah satu cerminan kemampuan intelektual manusia yang semakin memiliki nilai kualitas yang baik dan juga berkembang.

Mungkin dari segi positif perkembangan teknologi saat ini dapat memudahkan pekerjaan manusia dalam menyelesaikan pekerjaan nya tetapi dari segi negatifnya manusia akan menjadi seseorang yang lebih pemalas, misalkan dalam segi kendaraan, mungkin kendaraan sangat berguna dalam kehidupan manusia dan fungsi kendaraan adalah untuk mengantar kita ke tempat tujuan kita dengan cepat dan lebih menghemat waktu tetapi kendaaraan yang menggunakan tenaga fosil akan mengeluarkan gas sisa hasil proses pembakaran dan dibuang ke udara bebas. Jika banyak manusia yang menggunakan kendaraan maka udara di dunia akan menjadi tidak sehat. Begitu juga pembangkit listrik, walaupun listrik sangat berguna untuk kehidupan kita sehari-hari karena peralatan kerja kita rata-rata menggunakan listrik tetapi tempat pembangkit listrik ada yang menggunakan batu bara dan fosil. Hal ini sama dengan kendaraan. Hal ini dapat merusak lingkungan. Manusia akan selalu mengembangkan teknologi yang sudah ada agar selalu dapat lebih berguna dan semakin efisien. Karena manusia memiliki sifat yang tak pernah puas dengan apa yang telah dia miliki. Sesuatu hal jika memiliki nilai positif maka pasti dia akan memiliki nilai negative pula tetapi nilai negative tersebut harus kita tekan seminimal mungkin agar sesuatu tersebut menjadi lebih bermanfaat. Perkembangan teknologi yang sudah maju saat ini diharapkan dapat menjadikan manusia yang lebih berkualitas dan bermanfaat dan dapat melestarikan bumi ini agar kita selalu nyaman tinggal di bumi ini.

4 komentar:

  1. Thx you....
    bagus ya blognya....
    WOW...
    Ni blog ku...
    kikanan.blogspot.com
    Makasih bnyak infonya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama" :)
      gak bgus" amat kog..
      ini juga baru blajar :)

      Hapus